Kamis, 21 April 2016

Konfigurasi Proxy Server

Implementasi Layanan Jaringan
Konfigurasi Proxy Server
Muhammad Dzulkarnaen    
6702140138
Telkom University
Fakultas Ilmu Terapan
  Program Studi Teknik Komputer

Bab 3

Proxy Server

3.1.      Pembahasan proxy server


3.1.1.                 Sejarah

Teknologi untuk Protokol Internet saat ini muncul dalam beberapa tahun pertama 70-an sebagai hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Badan Defense Advanced Research Projects. DARPA bertanggung jawab untuk pengembangan jaringan paket pertama fungsional beralih disebut Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET). ARPANet memberikan dasar yang diperlukan untuk generasi saat ini dari protokol jaringan. Terobosan ini terjadi ketika variasi dalam protokol jaringan, yang digunakan pada waktu itu, mampu dilewati oleh ketergantungan pada protokol jaringan standar diterapkan pada tingkat host.

3.1.2.                 Pengertian

Proxy server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu komputer dengan jaringan internet atau dalam kata lain, server proksi adalah suatu jaringan yang menjadi perantara antara jaringan lokal dan jaringan internet. Proxy server dapat berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungan komputer kita dengan jaringan luar.

3.1.3.                 Konsep dasar

Proxy dapat dipahami sebagai pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara, sedemikian sehingga pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara

3.1.4.                 Jenis-jenis

Ada empat jenis proxy, yaitu :

·         Transparent Proxy

Jenis server proxy mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy dan juga membuat alamat IP asli tersedia melalui http. Biasanya ini digunakan untuk kemampuan mereka untuk cache situs Web dan tidak efektif untuk memberikan anonimitas apapun untuk mereka yang menggunakannya. Namun, penggunaan transparent proxy akan membuat Anda sekitar larangan IP sederhana. Mereka transparan dalam hal alamat IP yang terkena, tidak transparan dalam istilah yang Anda tidak tahu bahwa Anda menggunakannya (sistem anda tidak secara khusus dikonfigurasi untuk menggunakannya.)

·        Anonymous Proxy
Jenis server proxy mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy, tetapi tidak membuat alamat IP asli tersedia. Jenis server proxy terdeteksi, tetapi memberikan anonimitas wajar bagi sebagian besar pengguna.

·         Distorting Proxy
Jenis server proxy mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy, tetapi membuat asli alamat IP yang tersedia melalui http.

·         High Anonymity Proxy
Jenis server proxy tidak mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy dan tidak menyediakan alamat IP asli.

3.1.5.                 Kesimpulan

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien.

3.2       Studi kasus dan konfigurasi


3.2.1.                 Langkah penyelesaian tahap 1

1.      Pertama yang harus dilakukan adalah  install  squid3 caranya apt-get install squid3

2.      Kedua kita menconfigurasi dengan masuk ke /etc/squid3/squid.conf dan ubah script http_access deny all menjadi http_access allow all.

 3.      Lalu restart squid3
4.      Selanjutnya kita setting pada Mozilla

3.2.2.     Langkah penyelesaian tahap 2

1.      Untuk tahap kedua kita lakukkan blok situs wibesite facebook.com dan detik.com dengan masuk ke /etc/squid3/squid.conf dan ubah script http_access deny bloksitus

2.      Masukkan  website yang akan di blok.

     3.2.3.            Langkah penyelesaian tahap 3

1.      Selanjutnya akan kita lakukkan setting otentikasi dengan menambahkan script http_access deny !otentikasi

2.      Kemudian masuk ke home root lalu masukkan script htpasswd –c /ect/squid3/users [nama], kemudian masukkan password dan restart squid3.

              3.2.4.               Pengamatan

1.      Pengamatan pada tahap 1 adalah website google.com, facebook.com, dan detik.com masih dapat diakses.

2.      Pengamatan pada tahap ke 2 adalah hanya google yang dapat diakses sementara facebook.com dan detik.com.


3.      Pengamatan pada tahap ke 3  menambahkan login pada saat mulai mengakses web.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar