Kamis, 21 April 2016

Konfigurasi CMS

Implementasi Layanan Jaringan
 
Konfigurasi CMS
 
Muhammad Dzulkarnaen    
6702140138
Telkom University
Fakultas Ilmu Terapan
  Program Studi Teknik Komputer
 
 
 
 

Bab 6

CMS



6.1.      Pembahasan CMS

6.1.1                   Sejarah

Pada tahun 1997 Pembangunan TYPO3 yang dimulai dari awal oleh Kasper Skarhoj pada tahun 1997 dan selesai tahun 1999 menjadi sebuah CMS open source. Tahun 1999 intranet Solutions meluncurkan Xpedio, pertama di industri end-to-end web sistem manajemen konten, pada bulan September 1999. Xpedio didasarkan pada inti intranet solusi teknologi, dikombinasikan dengan teknologi yang diperoleh dari akuisisi Akses Info pada bulan September. Tahun 2000 software SilverStripe dikembangkan oleh SilverStripe Limited, sebuah perusahaan pengembangan situs web didirikan pada tahun 2000. Pada tanggal 3 Februari 2007, SilverStripe 2.0.0 dirilis publik sebagai perangkat lunak open source. Tahun 2001 Movable Type adalah weblog sistem yang dikembangkan oleh perusahaan Six Apart versi 1.0 dirilis pada Oktober 2001. Plone, sebuah sistem manajemen konten yang open source atas server aplikasi Zope. Tahun 2001 Rilis awal Drupal, Awalnya ditulis oleh Dries Buytaert sebagai papan message board, Drupal menjadi sebuah proyek open source pada Januari 2001. Tahun 2003 wordpress 0,71-Gold dirilis, tersedia untuk di-download di halaman Arsip Rilis resmi WordPress. Versi versi resmi pertama dari WordPress relased pada Januari 2004. Tahun 2003 textpattern adalah konten open source sistem manajemen awalnya dikembangkan oleh Dean Allen, ditulis dalam PHP menggunakan database MySQL. Tahun 2004 CMS Made Simple dibangun menggunakan PHP yang menyediakan pengembang website dengan utilitas sederhana, mudah digunakan untuk memungkinkan membangun semi-statis situs. Tahun 2005 Pada 16 September 2005 Joomla 1.0.0 dirilis, dan berbasis open source ,tahun 2005 dot CMS adalah CMS

 untuk membangun / mengelola website, konten dan aplikasi konten web push. Tahun 2007 Frog CMS adalah konten open source sistem manajemen awalnya dikembangkan oleh perusahaan Philippe Archambault, adalah port dari Ruby on Rails CMS dikenal sebagai Radiant. Tahun 2011 Pada bulan April Melody 1.0 dirilis, yang didasarkan pada Movable Type.

9.1.1.                 Pengertian

Content Management System atau yang biasa disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web dengan mudah. Penggunaan CMS ridak lagi memerlukan pemahan pemrograman web yang mendalam, karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah termasuk user friendly.

6.1.3                   Konsep Dasar

CMS (Content Management System) adalah suatu metoda dalam mengelola sebuah content/isi. Content ini bisa berupa teks, suara, gambar vedio, animasi dan aplikasi lainnya yang disimpan dalam sebuah data base sehingga mudah mengelolanya. CMS yang banyak dipakai saat ini adalah website CMS (WCMS). WCMS adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membangun dan memelihara/updating web,yang dirancang sedemikan rupasehingga pemeliharaan dan proses pambuatan web lebih mudah, efektif, dan efesien.

6.1.4                   Jenis – jenis

CMS sendiri memiliki beberapa jenis. Seperti :
·         Joomla
CMS joomla ini merupakan cms yang powerful. Karena itu, para webmaster menggunakannya untuk website yang sedikit rumit dan kompleks seperti company profile perusahaan, web sekolah maupun toko online.
·         WordPress
WordPress merupakan CMS yang berbasis blog. CMS ini paling digemari karena disamping user friendly, konon katanya menggunakan CMS wordpress memudahkan dalam optimasi search engine atau SEO. WordPress menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database mysql.
·         Drupal
Sama seperti cms lainnya, bersifat terbuka dan dapat bebas di download dibawah lisensi GPL sehingga pengguna bisa bebas mempublish sesuai dengan keinginannya. Namun, menurut beberapa pemakai bawa CMS drupal ini agak sulit untuk pengguna baru.
·         Aura
Aura CMS merupakan cms buatan Indonesia. Namun, karena belum banyak yang mengembangkan CMS ini sehingga masih banyak kekurangannya.
·         Prestashop
Prestashop adalah CMS yang khusus digunakan dalam membangun toko online.
·         Openchart
Sama dengan prestashop. Openchart adalah CMS khusus untuk toko online atau E commerce. Fitur-fiturnya lengkap,

6.1.5                   Kesimpulan

CMS merupakan aplikasi web yang didalamnya terdapat template untuk mengelola isi dari suatu halaman web. Dengan menggunakan CMS, tidak perlu memahami terlalu dalam soal pemrograman web-nya, karena CMS ini sangan mudah untuk digunakan. Berbagai macam jenis - jenis CMS yang harus diketahui, seperti CMS joomla, wordpress, drupal dan lainnya yang masing masingna memilii keunggulan yang berbeda.


6.2.            Studi Kasus dan Konfigurasi

6.2.1                Langkah Penyelesaian

1.      Langkah pertama yang harus dilakukkan adalah membuat direktori baru yaitu /var/www. Setelah masuk ke direktori /var/www ketikkan #wget http://wordpress.org/lastest.tar.gz.

2.      Kemudian setelah itu masuk ke bind9 kemudian masuk ke setting #nano /etc/bind/db.192, kemudian tambahkan wordpress.ilj.com seperti gambar dibawah. 

   
3.      Kemudian lakukkan  hal yang sama seperti db.192, tambahkan wordpress dan IP DNS pada db.ilj.com.
 
4.      Kemudian masuk ke apache2 lalu ketikkan #nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf. Lalu buatlah port http untuk wordpress.ilj.com.






5.      Kemudian masuk ke direktori /var/www/, ekstrak CMS wordpress hasil download #tar -zxvpf latest.tar.gz

6.      Kemudian ketikkan #chmod –R 777 /var/www/wordpress.
7.      Kemudian buatlah database dengan mengetikkan #mysql –u root –p





6.2.2                   Pengamatan


Pada Pengamatan ini, saya melakukan uji coba pada browser untuk mengakses web wordpress.ilj.com yang telah dibuat.

1.      Tampilan pada saat mengakses web wordpress.ilj.com. Kemudian klik “Let’s Go”

2.      Kemudian isi Username dengan “root” dan isi Passwordnya dengan password yang diinginkan. Lalu klik “Submit”

 

 

3.      Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Kemudian pilih “Run The Install”

4.      Kemudian isi Username (NamaAnda) dan Password (Password) seperti gambar dibawah. Jika sudah selesai pilih “Install Wordpress”.

5.      Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Lalu pilih “Login”.

6.      Kemudian akan muncul tampilan login seperti gambar dibawah. Masukkan username dan password yang tadi telah dibuat.

7.      Kemudian pilih post lalu klik “Add New” kemudian isi subject dan isi  yang nanti akan ditampilkan pada wordpress.ilj.com.

8.      Ini adalah hasil akhir tampilan pada web wordpress.ilj.com.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar