Jumat, 22 April 2016

Konfigurasi Web Mail Serer

Implementasi Layanan Jaringan
Konfigurasi Web Mail Server
Muhammad Dzulkarnaen    
6702140138
Telkom University
Fakultas Ilmu Terapan
  Program Studi Teknik Komputer


Web Mail Server

9.1.                     Pembahasan Web Mail Server

9.1.1                   Sejarah

Bagian webmail dari proyek ini dimulai oleh Nathan dan Lukas Ehresman  pada tahun 1999 dan ditulis dalam PHP . SquirrelMail dapat digunakan dalam hubungannya dengan LAMP "stack" , dan setiap sistem operasi lain yang mendukung PHP juga didukung. Web server membutuhkan akses ke server IMAP email hosting dan ke SMTP server untuk dapat mengirim mail.
SquirrelMail webmail output valid HTML 4.0 untuk presentasi, sehingga kompatibel dengan mayoritas saat ini web browser . SquirrelMail webmail menggunakan arsitektur plugin untuk mengakomodasi fitur tambahan sekitar aplikasi inti, dan lebih dari 200 plugin yang tersedia di situs SquirrelMail.
The SquirrelMail IMAP produk server proxy diciptakan pada tahun 2002 oleh Dave McMurtrie sementara pada University of Pittsburgh (di mana ia bernama "up-imapproxy", meskipun telah menjadi lebih dikenal sebagai "imapproxy") dan diadopsi oleh tim SquirrelMail pada 2010 . [6] Hal ini ditulis dalam C dan terutama dibuat untuk menyediakan stateful koneksi untuk stateless software webmail client ke server IMAP, sehingga menghindari login IMAP baru untuk setiap tindakan klien dan dalam beberapa kasus secara signifikan meningkatkan kinerja webmail.
Kedua produk SquirrelMail adalah gratis dan open source software tunduk pada ketentuan dari GNU General Public License (GPL) versi 2. SquirrelMail webmail termasuk dalam repositori banyak utama distribusi GNU / Linux dan secara independen didownload oleh puluhan ribu orang setiap bulan.
.

9.1.1.                 Pengertian

Webmail adalah suatu aplikasi khusus yang disediakan penyedia layanan email untuk mengakses email melalui sebuah browser, seperti contohnya Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera, Google Chrome, dan lainnya. Hampir seluruh penyedia layanan email gratis seperti Google Mail (Gmail), Yahoo Mail sudah menggunakan layanan email berbasis WebMail, untuk kemudahan peggunanya mengakses email

9.1.3.                 Cara Kerja

Pada email server terdapat dua server yang berbeda yaitu incoming dan outgoing server. server yang biasa menangani outgoing email adalah server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25 sedangkan untuk menangani incoming email adalah POP3(Post Office Protcol) pada port 110 atau IMAP (Internet Mail Access Protocol) pada port 143.

           
            Saat mengirim email maka email anda akan ditangani oleh SMTP server dan akan dikirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan simasukkan ke dalam queue dan di ‘resend setiap 15 menit’. Apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.

Apabila email terkirim email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server. jika menggunakan POP3 server maka apabila kita hendak membaca email maka email pada server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang mendownload email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut. berbeda dengan POP3 IMAP server mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda .

9.1.4.                 Jenis – jenis

Ada beberapa jenis-jenis webmail, seperti :
·         Yahoo Mail
·         Gmail
·         Hotmail

9.1.5.                 Kesimpulan

Web mail adalah tempat yang menyediakan fasilitas untuk setiap orang mengirim dan menerima email. Biasanya web mail dibuat sesederhana mungkin dan menarik agar user mudah dalam menggunakan web mail tersebut.

9.2.            Studi Kasus dan Konfigurasi

9.2.1.              Langkah Penyelesaian Web Mail

1.      Langkah pertama yaitu, install terlebih daulu squirrelmail. Ketikkan #apt-get install squirrelmail.

2.      Setelah menginstall squirellmail akan muncul tampilan konfigurasi squirrelmail seperti gambar dibawah ini. Ketikkan “D” pada Command.

3.      Kemudi akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Ketikkan “dovecot” pada Command.

4.      Kemudian ketika muncul tampilan seperti ini. Tekan “Enter”.




5.      Kemudian kembali lagi ke menu utama konfigurasi squirrelmail. Ketikkan “Q” pada Comand untuk keluar dari menu konfigurasi, dan ketikkan “Y” untuk menyimpan konfigurasi yang sudah dilakukkan.

6.      Kemudian setelah melakukkan konfigurasi ketikkan #ln –s /usr/share/squirrelmail/ /var/www/squirrelmail.





7.      Kemudian ketikkan #chmod –R 777 /var/www/squirrelmail.

8.      Kemudian  masul ke file apache2. Ketikkan #nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf. Ikuti konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

9.      Kemudian lakukkan reboot pada apache2 dengan mengetikkan #service apache2 restart.




9.2.2.              Pengamatan

Pada Pengamatan ini, mencoba mengirim sebuah pesan text atau email dari user 1 ke user 2 dengan menggunakkan Squirrelmail.
1.      Tampilan pada user 1 yang mengirim sebuah email.


2.      Tampilan pada user 2 yang menerima sebuah email.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar